Kata Ganti Orang melakukan sesuatu

Dalam kita berbahasa, pastinya menggunakan kata ganti orang. Kata ganti orang itu contohnya aku, kamu, dia, kita atau kami, mereka dan kalian. Pasti, kita selalu menggunakan kata-kata itu baik dalam percakapan kita sehari-hari, maupun dalam setiap tulisan yang kita tulis. Ya…, seperti tulisan ini. Sudah berapa banyak kata “kita” atau “kami” yang dipakai? Ini sangat penting. Karena tidak mungkin dalam pertemuan, kita menyebutkan satu per satu nama orang yang ada dalam rombonganmu, andaikata kamu mewakili suatu rombongan dalam pertemuan. Maka diperlukan kata ganti orang.

Sejauh ini, apa yang kamu lihat dari bahasa Latin? akhirannya selalu berubah? Ya, memang. Bahasa Latin adalah bahasa akhiran selalu berubah. Dari akhiran suatu kata, kita dapat mengetahui posisi atau kedudukan kata itu. Entah sebagai Subjek, Objek, atau keterangan. Sedikit sudah kita ketahui dari Tulisan kemarin.

Kalimat yang lengkap, terdiri atas subjek, predikat dan objek. Predikat berisi kata kerja. Kata kerja ini juga memiliki akhiran. Namun, kita akan membahasnya nantinya. Sama seperti kata benda, kata kerja juga memiliki akhiran-akhiran yang istimewa. Sebab akhiran-akhiran pada kata kerja itu menunjukkan subjek yang melakukan kerja. Contohnya, kita sudah memiliki satu kata kerja pertama yaitu laudare. Kira-kira akhiran-akhirannya antara lain seperti ini.

  • laudo
  • laudas
  • laudat
  • laudamus
  • laudant
  • laudamus
  • laudant
  • laudatis

Lalu apa arti kata-kata itu? Nah, perhatikan tabel berikut ini untuk mengetahui artinya.

Kata Arti
laudo aku memuji
laudas kamu memuji
laudat dia memuji
laudamus kami memuji/kita memuji
laudant mereka memuji
laudatis kalian memuji

Diawal, kita memiliki kalimat Regína agrícolam laudat. Apabila mengacu pada post ini, arti kalimatnya tidak berarti “Dia ratu memuji petani”. Laudat di sini maknanya menunjuk kepada ratu. Sehingga artinya akan tetap menjadi “Ratu memuji Petani”. Jika subjek dinyatakan (entah itu ratu, orang itu, dsb.), maka dianggap sebagai orang ketiga.

Begitulah kiranya. Terima kasih atas perhatiannya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s