Untuk “Pemerintah”: Sebaiknya Baca Tulisan Ini

Wuih…, melihat judulnya, terlihat sangat menantang, ya. Hehehe…, sebetulnya tidak maksud saya untuk benar-benar menantang kekuasaan yang ada. Sebab sejujurnya saya agak bingung untuk menentukan judul. Saya senang dengan judul yang tidak “flat”. Kali ini memang ditujukan bagi pemerintah, sebab mereka selalu menggunakan kalimat perintah. Tentu saja, orang yang menggunakan kalimat perintah adalah orang yang memerintah. Singkat kata, orang yang memerintah disebut pemerintah. Bukankah begitu? 😀

Dalam bahasa Latin, kalimat perintah disebut imperativus. Berikut ini adalah contoh kalimatnya.

Agricola, terram ara!
Tulisan yang berwarna biru, merupakan kata yang disuruh. Bentuk katanya berupa vocativus. Dalam kalimat ini, vocativus singularis.
Kata “terram” berarti tanah. Dalam kalimat itu posisinya sebagai objek atau bentuk accusativus.
Lalu kata yang berwarna merah, merupakan kata kerja.

Itulah salah satu contoh kalimat perintah. Sebenarnya yang penting dalam kalimat perintah adalah untuk siapa kalimat itu ditujukan. Sebab nantinya akan berpengaruh kepada akhiran kata kerjanya. Untuk yang diberikan perintah hanya satu orang (singularis), maka kata kerjanya diakhiri dengan akhiran -a.

Apabila yang diberikan perintah lebih dari satu orang (pluralis), maka kata kerjanya diakhiri dengan akhiran -áte.

Bagaimana kita tahu bahwa yang diberikan perintah itu tunggal atau jamak, kita dapat mengetahuinya dari kata benda yang bentuknya vocativus.

Agricolæ, terram aráte!
kalimat ini merupakan bentuk jamak. Artinya perintah yang diberikan kepada orang yang lebih dari satu. Kata Agricola harus diubah menjadi bentuk vocativus pluralis.

Pastinya, kamu akan timbul pertanyaan ketika melihat gambar utama pada post ini. Tentu saja, sebab tidak tertulis siapa yang diberikan perintah itu, lantas tertulis kata kerja yang jamak. Perlu kamu tahu, bahwa kalimat itu merupakan perintah untuk memuji Allah, kan? Lalu, siapa yang perlu memuji Allah? Kita semua, kan?

Inilah bahasa Latin. Vale!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s