Coniugatio Pertama

Tidak hanya kata benda saja yang memiliki kelompok kata. Kata kerja pun juga memiliki kelompok kata. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa dalam kata benda kelompok katanya dinamakan declinatio yang pada waktu yang lalu sudah ditulis pada blog ini.

Sedikit mengulang tentang declinatio, kata-kata termasuk dalam declinatio yang sama ketika kata-kata itu memiliki akhiran bentuk genetivus singularis yang sama. Maka, begitu juga dalam Coniugatio. Coniugatio membangun kesamaan dalam bentuk infinitivus-nya. Apabila ada kata kerja yang akhiran infinitivus-nya sama, berarti mereka tergolong dalam satu coniugatio.

Infinitivus adalah bentuk dasar dari setiap kata kerja. Artinya kata kerja ini tidak bersubjek. Apabila kamu sudah mempelajari bahasa Inggris, bentuk Infinitivus ini mirip seperti bentuk Verb I

Tetapi perbedaannya, dalam bahasa Latin bentuk infinitivus-nya terbagi menjadi dua. Pertama infinitivus aktif dan infinitivus pasif. Pada coniugatio yang pertama ini, infinitivus aktifnya adalah kata kerja yang diakhiri dengan -áre dan infinitivus pasifnya adalah kata kerja yang diakhiri dengan -ári. Ambil contoh laudáre memiliki bentuk infinituvus pasifnya laudári. Berikut adalah rincian dari kata laudáre dan laudári dengan berbagai subjek.

Activum Passivum
Infinitivus laudáre laudári
Saya laudo laudor
Kamu laudas laudáris
Dia laudat laudátur
Kami laudámus laudámur
Kamu (jamak) laudátis laudámini
Mereka laudant laudántur
Singularis Pluralis
Imperativus lauda laudáte

Masih banyak lagi contoh yang lainnya. Harapannya, kamu sendiri yang menemukannya. Kira-kira ini yang dapat kami sampaikan. Semoga berguna bagimu.

Iklan

One thought on “Coniugatio Pertama”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s