Coniugatio Tertio

Mohon maaf sebelumnya. Ada sedikit keterlambatan untuk publikasi tulisan ini. Sebab aktivitasku sebagai murid perguruan tinggi semester banyak yang harus menyelesaikan laporan kerja praktek dan memulai riset. Sehingga aku perlu menata ulang jadwal agar semuanya dapat berjalan beriringan. Mulai saat ini, publikasi dilakukan satu minggu per post. Seandainya ada post yang diluar hari-hari itu, itu post-post tentang vocabularium. Mohon untuk pengertiannya. Terima Kasih.

Ternyata sudah cukup lama kita menengok lagi kelompok kata kerja. Sekarang kita akan mempelajari kelompok kata kerja lagi. Marilah kita mengulas tentang coniugatio yang sudah di-post-kan. Pertama, coniugatio primo. Coniugatio primo adalah kelompok kata kerja yang bentuk infinitivus activus berakhiran -áre dan bentuk infinitivus passivus berakhiran -ári. Kedua, coniugatio secundo. Coniugatio secundo adalah kelompok kata kerja yang bentuk infinitivus activus berakhiran -ére dan bentuk infinitivus pasifnya berakhiran -éri.

Sekarang, kita mempelajari kelompok kata kerja yang ketiga atau disebut coniugatio tertio. Coniugatio tertio bentuk infinitivus activum diakhiri dengan akhiran -ere dan bentuk infinitivus passivum diakhiri dengan akhiran -i. Perlu diingat bahwa akhiran -ere dengan akhiran -ére memiliki lafal yang berbeda. Untuk akhiran -ere, huruf e dibaca seperti kata belum.

Berikut adalah contoh tasrif untuk kata credere (mempercayai).

Activum Passivum
Infinitivus Credere Credi
Saya Credo Credor
Kamu Credis Crederis
Dia Credit Creditur
Kami Credimus Credimur
Kamu (jamak) Creditis Credimini
Mereka Crediunt Crediuntur
Singularis Pluralis
Imperativus Crede Credite

Masih banyak lagi contoh yang lainnya. Harapannya, kamu sendiri yang menemukannya. Kira-kira ini yang dapat kami sampaikan. Semoga berguna bagimu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s