Kata Benda: Pluralia Tantum

Cukup lama aku tidak menulis lagi tentang bahasa latin. Apabila ditanya alasannya, tentu saja alasan klasik yaitu alasan kesibukan seorang murid dalam menempuh studinya. Baik, marilah kita lanjutkan.

Kali ini aku akan membahas tentang Pluralia Tantum. Apa pluralia tatum itu? Mungkin bisa dijelaskan dengan contoh ini. Pada suatu hari, aku ikut kegiatan World Scout Jamboree di Jepang. Setibanya di Bandar Udara Internasional Kansai, aku segera ke lokasi jambore di Kinrahama, Kawaguchi Perfecture. Ternyata, di sana sudah didirikan perkemahan dari negara-negara lain. Aku sangat senang.

Sebenarnya, pluralia tatum termasuk dalam kata benda. Kata perkemahan dalam cerita di atas termasuk dalam pluralia tatum. Sehingga pluralia tatum memiliki makna bahwa kata benda itu selalu dalam bentuk jamak. Kata benda yang termasuk dalam pluralia tatum tidak banyak, berikut ini adalah contohnya.

  • castra-orum N (perkemahan)
  • parentes-parentum M (bapak-ibu)
  • divítiæ-árum F (kekayaan)
  • fines-finitium M (perbatasan daerah)

Tasrifnya sesuai dengan declinatio kata benda itu. Contoh-contoh di atas termasuk dalam declinatio primo dan declinatio secundo.

Demikianlah. Semoga dapat berguna, ya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s